Waktu & Tanggal

Powered by Blogger.

About this Blog

Blog ini berisi seputar informasi dan ilmu pengetahuan

Daftar Isi Blog

Contoh Laporan Pertanggungjawaban Seminar Nasional


                       

LAPORAN KEGIATAN PANITIA
SEMINAR NASIONAL TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH
KONSENTRASI  ADMINISTRASI PENDIDIKAN
JURUSAN KEPENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU
1433/2012
A.           Latar Belakang
Pendidikan merupakan suatu yang harus diupayakan oleh suatu negara untuk meningkatkan taraf hidup bangsa. Demikian halnya dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang menyelenggarakan pendidikan sebagai usaha sadar
dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa, dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan.
Dalam pengelolaan lembaga pendidikan terdapat 3 (tiga) unsur utama yaitu pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik. Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi. Tenaga kependidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan lembaga pendidikan. Peserta didik merupakan subjek belajar yang masih memerlukan bimbingan dari para pendidik.
Peran tenaga kependidikan adalah menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis. Untuk itu diperlukan  tenaga kependidikan yang memiliki komitmen profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan kedudukan dan kepercayaan yang diberikan kepadanya. Berkaitan dengan bidang akademik yang mengelola layanan pendidikan dalam hal teknis administrasi,  ditangani oleh bagian administrasi bidang akademik.
Lembaga pendidikan perlu secara terus menerus meningkatkan layanan kepada masyarakat baik warga sekolah/madrasah maupun masyarakat di luar sekolah/madrasah. Layanan yang mengutamakan prinsip efisiensi dan produktivitas merupakan spesifikasi teknis tentang tolok ukur layanan minimum yang diberikan kepada masyarakat dengan mempertimbangkan kualitas layanan, pemerataan, kesetaraan layanan, biaya, serta kemudahan untuk mendapatkan layanan.
Untuk memenuhi semua tuntutan masyarakat, maka Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sebagai lembaga pendidikan yang bernuasa Islami telah membuka wadah yang berusaha mencetak tenaga profesioanl bidang administrasi pendidikan. Wadah tersebut adalah Konsentrasi Adminitrasi Pendidikan  pada Jurusan Kependidikan Islam yang bernaung dibawa payung hukum Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Adapun tujuan konsentrasi Administrasi Pendidikan adalah 1) Menghasilkan sarjana Administrasi Pendidikan yang professional, memiliki kompetensi kepribadian, keilmuan, keterampilan, berkarya dan bermasyarakat. 2) Menghasilkan sarjana Administrasi Pendidikan yang berwawasan global dan mampu memanfaatkan IT dalam penyelenggaraan pendidikan bermutu. 3) Menghasilkan sarjana Administrasi Pendidikan yang memiliki integritas pribadi yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, keadilan, kualitas dan bertanggung jawab. 4) Menghasilkan sarjana Administrasi Pendidikan yang mampu memberikan layanan konsultasi dan advokasi manajerial pendidikan pada satuan pendidikan
Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  Nomor 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah maka perlu adanya perhatian pemerintah untuk menempatkan tenaga administrasi itu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam peraturan tersebut. Dalam rangka mensosialisasikan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tersebut, perlu adanya suatu pencerahan terhadap eksistensi tenaga administrasi sekolah/madrasah. Berdasarkan hal tersebut maka Seminar Nasional yang bertujuan untuk memperkuat eksistensi tenaga administrasi sekolah/madrasah dan mensosialisasikan Peraturan Pemerintah  tentang Standar dan Kualifikasi yang harus dimiliki oleh tenaga administrasi sekolah/madrasah tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah sederajat sampai tingkat SLTA/Madrasah Aliyah sederajat, maka Seminar Nasional tentang Tenaga Administrasi Sekolah/Madrsah  ini perlu dilaksanakan.

B.            Tujuan
Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah:
1.        Sebagai wahana untuk memperkuat eksistensi tenaga administrasi sekolah/madrasah dan mahasiswa konsentrasi administrasi pendidikan
2.        Mensosialisasikan Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2008 Tentang Standar dan Kualifikasi Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah
3.        Wahana silaturrahmi antar tenaga administrasi pendidikan

C.           Tema
Adapun tema Seminar Nasional ini adalah: “Eksistensi Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah dalam Dunia Pendidikan”

D.           Peserta
Adapun peserta yang mengikuti semianar nasional sebanyak 728  orang yang terdiri dari :
1.        Mahasiswa Administrasi Pendidikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
2.        Mahasiswa Administrasi Pendidikan Perguruan Tinggi lainnya di Provinsi Riau
3.        Mahasiswa UIN SUSKA RIAU
4.        Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
5.        Kepala Tata Usaha Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau
6.        Kepala Sekolah dan Pegawai Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah  se-Propinsi Riau
E.            Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Seminar dilaksanakan :
Hari/Tanggal      : Selasa/05 Juni 2012
Tempat               : Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa
                             Jl. H.R.Soebrantas. Km.15 Tampan Pekanbaru Riau
Pukul                 : 08.00 s/d 15.00 WIB

F.            Narasumber
Narasumber adalah :
1.        Drs. H. Yuzamri Yakub, M.Pd  (Seketaris Kota Pekanbaru)
2.        Prof. Dr. H. Salfen Hasri, M.Pd (Guru Besar UIN Sultan Syarif Kasim Riau)
3.        Dr. ali idrus, M.Pd (Dosen Universitas Jambi)
4.        Dr. Nurfit, MM (Dosen Poltex Chevron Riau)
5.        Drs. H. Addauri, M.Pd (Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan Kota Pekanbaru)
6.        Dosen Administrasi Pendidikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau.
G.           Agenda Acara

TANGGAL
WAKTU
AGENDA
KET
05 JUNI 2012


09.30 s/d 11.00
Tari Persembahan

Pembacaan ayat suci al Quran

Kata sambutan ketua pelaksana

Kata sambutan Dekan Fakultas Tarbyah dan Keguruan

Kata sambutan Rektor UIN SUSKA RIAU

Kata sambutan (Keynote speker) Walikota pekanbaru yang di wakili oleh Seketaris Kota Pekanabaru

Do’a

11.00 s/d 14.00
Presentasi Makalah Dr. Ali idrus M.Pd

Presentasi Makalah Drs. H. Addauri, M.Pd

Tari serampang dua belas 12

Presentasi Makalah Dr. Nurfit. MM

Presentasi Makalah Prof. Dr. H. Salfen Hasri, M.Pd

Diskusi

14.00 S/d Selesai
Penutup


H.           Anggaran Dana
Adapun anggaran seminar nasional tentang pemasukan dan pengeluaran dapat di jelaskan pada tabel dibawah ini
NO
TANGGAL
PEMASUKAN
PENGELUARAN
SATUAN
HARGA (Rp)
KET
1

IURAN MAHASISWA AP

43
2.150.000

2

IURAN PANITA

57
3.960.000

3

DAFTAR PESERTA

592
5.920.000

4

AP SEMESTER 8

13
650.000

5

DAFTAR SEKOLAH

17
850.000

6

Prof. SALFEN HASRI


210.000

7

PENERBI ERLANGGA


328.000

8

ZIKRO HAKIM


22.000



DOSEN

1
50.000

TOTAL
14. 140.000
9
03 MEI

ATK DINA

110.000
TK
10
09 MEI

PERLENGKAPAN SEKRE
(F.COPY, STEMPEL, TINTA, MAP,  KUINTANSI & PENA

48.300
V
11
14 MEI

AIR KOTAK 1 + 6 BOTOL

29.000
V
12
15 MEI

KARTON, SPIDOL, KWITANSI 3 & SOLASI

24.500
V
13
17 MEI

AIR KOTAK  1 & JILID PROPOSAL

25.000
V
14
21 MEI

AIR KOTAK1& TALI RAFIA

16.500
V
15
22 MEI

KWITANSI 2, GORENGAN u/ PENJGA STAN & KARTON

25.000
TK

23 MEI

FOTO COPY SURAT

25,000
V



FOTO COPY REKOMENDASI

33.000
V



AMPLOP

32.000
V
16
24 MEI

KWITANSI 2 + FOTO COPY

5000
V
17
25 MEI

KWITANSI

3000
V



AMPOLOP
1
18.000
V
18
26 MEI

MINYAK BENSIN ( FAFI, EDY, RIZAL/ AZMAN)

45.000
TK
19
30 MEI

MINYAK BENSI (SAMIDIN)

15.000
TK
20
1 JUNI

PULSA 20

21.000
V
21
2 JUNI

BENSIN(SAMSUL)

 10.000
TK
KERTAS  SERTIFIKAT
5 PAK
190.000
V
TINTA EPSON
3
180.000
V
TINTA EPSON KUNING
1
70.000
V



22
3 JUNI

KONSUMSI

500.000

KONSUMSI TAMBAHAN

350.000
TK
PENA
9 KOTAK
90.000
V
ID CARD
160
240.000
V
MAP
9
185.000
V
NOTEBOOK
5 PAK
150.000


23
4 JUNI




PRINT SURAT + FOTO COPY

12.600
V
BUKU TULIS

3.000
TK
CENDRAMATA
4 BUAH
100.000
V
KWITANSI
1
3000
V
PENA TEBAL
1
8000
V
MAKALAH
200 RANGKAP
120.000
V
PRINT ABSEN
14
7000
V
FOTO COPY ABSEN
20
2000
V
PRINT LEBEL

1500
TK
PRINT ABSEN AP DAN PANITIA

1500
V
AIR MINIRAL

15.000
V
NASI PESERTA + DOSEN

800.000
V
UANG AIR + PERMEN

20.000
V
UANG clening serivis

150.000
TK
TISU

5000
TK
AQUA DOSEN (HAPIDZ)

50.000
TK
BELI BUAH NARA SUMBER

20.000
TK
UANG BATRAI MICK & HEKTER

35.000
V
24
5 JUNI

KONSUMSI (SNAKC PESERTA)

585.000
TK
KUE UNDANGAN TAMBAHAN

100.000
TK
KUE DOSEN

60.000
TK
KWINTANSI AMPLOP
2 x BELI
15.000

UANG PEMATERI 1

3.000.000

UANG AJUDAN

100.000
TK
KWITANI DAN AMPOLOP

5000
V
AMPLOP

5000
V
HVS

2000
V
UANG SUPIR REKTOR

100.000
TK
FOTO COPY MAKALAH (SAMSUL)

75.600
V
AIR MINUM + KWITANSI

40.000
V
UANG MAP
3
5000
TK
UANGNARI

360.000
TK
UANG NARA SUMBER 2 &3

1.000.000
V
UANG KEY NOT SPEAKER

500.000
V
UANG NASI TAMBAHAN

156.000
V
GUNTING
1
6000
V
ISOLASI
1
1000
V
CATER
1
1500
V
KERTAS KADO
2
4000
V



BAJU NARI PERSEMBAHAN

700.000
TK



AIR MINIRAL

15.000
TK
25
6 JUNI

SPANDUK

110.000
V



KERTAS SERTIFIKAT
2 PAK
76.000
V



FOTO COPY PAK SALFEN

65.000
TK
27
9 JUNI

TAMBAHAN SERTIFIKAT
3
114.000
V
28
13 JUNI

UANG FOTO COPY KONSEP ACARA

20.000
V
TOTAL
11.015.000
SALDO
3.125.000

Saldo akhir dari pengeluaran yang dijelaskan dalam table berjumlah Rp 3.125.000 tetapi saldo yang ada pada bendahara berjumlah Rp 3.161.700. ketidak sesuaian terjadi pada biaya pengeluaran dengan saldo yang ada pada bendahara, yang berjumlah Rp 36.700. Perkiraan ketidak sesuaian antara pengeluaran dengan saldo yang ada pada bendahara, karna ada pengeluaran yang tidak terdata dalam table pengeluaraan keuangan seminar nasional adminstrasi pendidikan.

Keteranagan pengeluaran pada :
       = Devi Wulandari
       = Feranika Sagita
       = Ahmad Fafi Fauzi
       = Dedek Kamaruddin
V   = Ber kwitansi
TK = Tanpa kwitansi

I.              Penutup
Demikialah laporan kegiatan Seminar Nasional tentang  Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah ini disusun agar dapat mendapatkan  perhatian, kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak. Atas  perhatian dan dukungan yang diberikan kami ucapkan terimakasih.










 
Lampiran I



PANITIA SEMINAR NASIONAL
TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH/MADRASAH

Pembina                      : Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
SC                               :
1.    Prof. Dr. H. Salfen Hasri, M.Pd
2.    Amirah Diniaty, M.Pd.Kons
3.    Zaitun, M.Ag
4.    Drs. M. Hanafi, M.Ag
5.    Tuti Andriani, M.Pd
6.    Umar faruq, M.Pd
7.    Sohiron, M.Pd.I

OC                              :
Ketua                          :  Dedek Kamaruddin
Wakil Ketua                :  Ahmad Fafi Fauzi
Sekretaris I                  :  Dina Alawiya Ulfa
Sekretaris II                :  Khairunnas (AP 4)
Bendahara                  :  Devi Wulandari

Seksi-seksi

Seksi Humas/HID
Koordinator    : Samsul Hadi
Anggota          :
1.      Rizwan Muda
2.      Hendramayani
3.      Beni S (AP 4)
4.      Syarif
5.      Siti Fatimah (AP 4)
6.      Abu Mansur
7.      Liga S
8.      Mus Mulyadi
9.      Nurhasni    

Seksi Acara
Koordinator    : Mustafa
Anggota          :
1.      Samidin
2.      Sri F.
3.      Nurhasi’a
4.      Iin Dayanti
5.      Rani
6.      Jasmalinda
7.      Iwan Suhendra (AP 4)


Seksi Sekretariatan:
Koordinator    : Veranika S
Anggota          :
1.      Nia K.
2.      Ermawati
3.      Marjesti
4.      Lilik F.
5.      Rekenawati (AP 4)
6.      Azman W
7.      Eli S.
8.      Inggel Muaarifa (AP 4)

Seksi Perlengkapan
Koordinator    : Dilek A.
Anggota          :
                          1. Andi Budiman (AP 2)
                          2. Pindo
                          3. Alsyahri
                          4. Wahyu (AP 4)
                          5. Fizikal P.




Seksi Konsumsi
Koordinator    : Raja Sahara
Anggota          :
1.      Lisma Yeti         
2.      A. Kamarizal
3.      Syarifah
4.      Saidah
5.      Zainal Hadi
6.      Masrina
7.      Devi T
8.      Tri Lestari
9.      Yuresmaniati (AP 4)
10.  Yulia R
11.  Hapid
12.  Suparni(AP 4)
13.  Sumi A
14.  Armita (AP 2)
15.  Sarinah (AP 2)
16.  Dwi Putri Cahya
17.  Nia Daniati



                         




 
 

3 komentar:

Unknown said...

ijin share....

Unknown said...

oke mas Luqman.. :)

Unknown said...

izin bertanya, arti sc oc itu apa? terimakasih

Post a Comment